KONSULTASI KEPRIBADIAN

KONSULTASI SPESIALIS MASALAH KEPRIBADIAN

Sebagai Konsultan Kepribadian, Kami lebih terfokus pada Inti Permasalahan yang sedang dihadapi oleh masing-masing Konseli / Peserta, baik masalah yang masih baru maupun yang sudah lama dan memberikan solusi / jalan keluar / jawaban TEPAT DAN AKURAT atas segala masalah yang sedang Anda hadapi. Kami berpengalaman 11 tahun dan telah banyak membantu dan mengatasi berbagai macam masalah kepribadian yang berakhir pada Happy Ending / Suka Cita.

Kami tidak akan memberikan solusi dengan penjelasan teori yang betele-tele atau berputar-putar dengan isi bahasa istilah Akademis yang pada akhirnya malah memusingkan kepala Anda, karena Kami sangat mengerti, bahwa Anda datang bukan untuk belajar / kuliah Psikologi, tetapi mau konsultasi dengan harapan akan terbebaskannya dari Masalah yang masih mengikat diri Anda. Seperti yang telah Kami katakan di atas, bahwa Kami lebih terfokus pada Inti Permasalahan yang sedang dihadapi dan memberikan Solusi Langsung Praktek dengan menggunakan Bahasa yang Sederhana, yang Kami yakin akan mudah dimengerti bagi setiap orang yang mendengarnya, sehingga Anda akan tau apa yang harus Anda Katakan dan Anda tau apa yang harus Anda Perbuat.   

Dalam menjalani kehidupan hari lepas hari, siapapun orangnya, apapun statusnya, apapun jabatannya, setiap orang pastilah sewaktu-waktu akan kedatangan tamu yang bernama Mr. "PROBLEM" / Tuan MASALAH, dan tidak ada yang dapat menolak bila Mr. PROBLEM itu telah terlanjur datang, baik diundang maupun tidak diundang yang datang dalam kehidupan pribadinya. Sebagai tuan rumah, pastilah setiap orang akan berbeda-beda sikapnya dalam hal menghadapi tamu yang datang, apalagi bila tamu tersebut adalah tamu yang tidak diundang.

Dalam hal melayani tamu, ada orang yang bersikap baik / sopan, dan ada juga, karena tamu tersebut diduga beritikad buruk, tuan rumah bersikap emosional dan tanpa berfikir panjang, sampai akhirnya konfilik fisik pun tak dapat dihindarkan lagi, dan ada juga yang tidak tau harus bersikap seperti apa / selayaknya, karena tuan rumah belum pernah atau belum berpengalaman, bagaimana bersikap dalam hal menerima berbagai macam karakter tamu. Demikian juga Sikap setiap orang dalam menghadapi Masalah, bila hal itu datang dalam kehidupan pribadinya.

Jenis Masalah Pribadi yang datang pada setiap orang, pada umumnya adalah :

1. Masalah Keluarga : kuatir / emosional / cemooh / etika / sakit hati / kebencian / susah diatur / keras kepala / menghadapi perceraian /dll

2. Masalah di Sekolah atau Kampus : Susah bergaul / salah bergaul / pendiam / sedikit teman / tidak dapat berkomunikasi dengan baik kepada guru, dosen & teman / Nilai Study Minus / dll

3. Masalah Kantor : hubungan antar atasan dan bawahan / sejawat / pekerjaan / jabatan / emosional / etika / dll

4. Masalah Kemasyarakatan : lingkungan / etika / emosional /dll

5. Masalah Waktu : tukang telat / tukang tidur / malas / dll

Bila Masalah tersebut di atas datang, baik datang sendiri (tak diundang) maupun sengaja dibuat (diundang), tanyakan pada diri Anda, pertanyaannya adalah :

Apa Yang Saya Harus Perbuat ?

Apa Saya Mampu Untuk Melakukannya Seiring Dengan Kekurangan / Kelemahan Yang Saya Miliki ? 

Kami senang melayani Anda untuk memberikan konsultasi / nasihat / pertimbangan / saran-saran, berupa SOLUSI JITU ; Bagaimana Sikap yang harus diperbuat dalam menghadapi segala Masalah dan Bagaimana Merubah atau menghilangkan Kelemahan dalam Kehidupan Kepribadian Anda.

Kami telah banyak melayani dan membantu pribadi-prbadi yang bermasalah dalam kehidupan pribadinya, baik masalah yang masih baru maupun yang sudah lama, sampai mereka berhasil, dan secara otomatis mereka telah mampu untuk mengatasi masalah pribadinya, bahkan kini mereka sanggup untuk memberikan solusi kepada orang lain atas masalah pribadinya.

Mengapa Mereka Menjadi Mampu ?

Hal ini dapat tercipta bukan sembarang, tetapi tergantung kepada Konsultan / Penasihat / Konselor yang mampu mentransfer dengan tepat solusi sesuai dengan masalah. (Konsultan/Penasihat/Konselor adalah seorang yang memberi nasihat / solusi / saran / pertimbangan, sedangkan penerima nasihat / solusi / saran / pertimbangan adalah Klien / Konseli)

Memilih Konsultan Kepribadian tidaklah sama dengan memilih Konsultan Pajak / Keuangan / Periklanan / Bangunan / dll, yang hanya mengandalkan Skill / Kompetensinya saja yang timbul karena Background Akademis, nampaknya sudah dapat dinyatakan OKE, tetapi berbeda dengan Konsultan Kepribadian, yang kualitasnya bukan saja berdasarkan Skill / Kompetensi dari Background Akademis, tetapi juga berdasarkan Komitmen yang berkualitas baik yang telah diterapkan di dalam kehidupan pribadinya. 

Pada saat memutuskan untuk memilih Konsultan / Penasihat / Konselor Kepribadian, pastikan secara umum Kompetensi Inti Kepribadiannya, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 tahun 2008, yaitu sebagai berikut: 

1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan Kompetensi :

   a. Menampilkan kepribadian yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

   b. Konsisten dalam menjalankan kehidupan beragama dan toleran terhadap pemeluk agama lain

   c. Berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur

2. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan, dengan Kompetensi :

   a. Mengaplikasikan pandangan positif dan dinamis tentang manusia sebagai makhluk spiritual, bermoral, sosial, individual, dan berpotensi

   b. Menghargai dan mengembangkan potensi positif individu pada umumnya dan konseli pada khususnya

   c. Peduli terhadap kemaslahatan  manusia  pada umumnya dan konseli pada khususnya

   d. Menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sesuai dengan hak asasinya

   e. Toleran terhadap permasalahan konseli

   f.  Bersikap demokratis

3. Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat, dengan Kompetensi :

   a. Menampilkan kepribadian dan perilaku yang terpuji (seperti berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten)

   b. Menampilkan emosi yang stabil

   c. Peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan

   d. Menampilkan toleransi tinggi terhadap konseli yang menghadapi stres dan frustrasi

4. Menampilkan kinerja berkualitas tinggi, dengan Kompetensi :

    a. Menampilkan tindakan yang cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif

    b. Bersemangat, berdisiplin, dan mandiri

    c. Berpenampilan menarik dan  menyenangkan

    d. Berkomunikasi secara efektif.     

Memang benar, baik sekali kriteria-kriteria umum tersebut di atas yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, tetapi perlu juga Anda ketahui, bahwa seorang Konsultan / Penasihat / Konselor Kepribadian yang berkualitas, bukan hanya mampu "Menampilkan Yang Nampak Baik", karena Menampilkan itu bisa mengandung 2 arti :

1. Menampilkan, mengandung arti : berprilaku dengan perkataan dan perbuatan yang berkualitas baik, disebabkan karena sedang menjalankan tugasnya sebagai Konsultan / Penasihat / Konselor Kepribadian, yang artinya penuh dengan kepura-puraan / acting, padahal dalam kehidupan realita sehari-harinya, jauh dari pada itu.

2. Menampikan, mengandung arti : berprilaku dengan perkataan dan perbuatan yang berkualitas baik, dan ini memang sesuai dengan perkataan dan perbuatan yang biasa dijalankannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mari Kita perhatikan kalimat di bawah ini :

Engkau yang memberi nasihat : "Jangan Mencuri", mengapa engkau sendiri mencuri ?

Engkau yang mengajarkan : "Etika", mengapa engkau sendiri tidak beretika ?

Engkau yang memberi nasihat : "Rendah Hati", mengapa engkau sendiri tinggi hati ?

Engkau yang menasihatkan : "Sabar", mengapa engkau sendiri emosional pada saat menghadapi Klien / Konseli yang stress. frustrasi ataupun kurang tanggap ?

Karena secara kriteria khusus, setiap Konsultan / Penasihat / Konselor Kepribadian, hendaknya telah mempraktekan terlebih dahulu di dalam kehidupannya, semua yang bernilai baik dan unggul serta unik atas nasihat / ajaran / pertimbangan yang diberikannya kepada Klien / Konseli, bukan suatu nasihat / ajaran / pertimbangan berdasarkan teori yang pernah dibaca / didengarnya dan juga bukan karena memliki Ijazah dan segudang sertifikat baik dari dalam dan luar negeri, sehingga dapat disimpulkan, bahwa mereka memang belum pernah berbuat atau merasakan atau mempraktekkan apa yang dinasihatkan / diajarkannya kepada Klien / Konseli.

Konsultan / Penasihat / Konselor Kepribadian yang benar, setelah memberikan bimbingan / petunjuk / pertimbangan kepada klien / Konseli, pastilah pada akhir katanya, Ia berani mengatakan : "Perbuatlah Sama Seperti Yang Saya Perbuat", bukan mengatakan : "Perbuatlah Sama Seperti Yang Saya Katakan / Nasihatkan / Ajarkan / Perintahkan".

Karena seperti telah diuraikan di atas :

Konsultan Kepribadian Tidak = Konsultan Pajak : yang belum tentu taat pajak

Konsultan Kepribadian Tidak = Konsultan Keuangan : yang belum pasti banyak uang, belum tentu seorang yang hemat dan benar mengelola keuangan dalam keluarga 

Konsultan Kepribadian Tidak = Konsultan Periklanan : yang belum tentu menggunakan iklan daam menjalankan usahanya 

Konsultan Kepribadian Tidak = Konsultan Banganan : yang belum tentu merancang rumahnya sendiri sebagus untuk orang lain

Konsultan Kepribadian Tidak = Dokter : yang belum tentu bisa mengobati dirinya sendiri, sehingga seorang dokter pun membutuhkan seorang dokter yang lain

Konsultan Kepribadian Tidak = Tukang Cukur : yang belum tentu mampu untuk mencukur rambutnya sendiri, sehingga Ia pun tetap membutuhkan seorang Tukang Cukur yang lain.

Jadi, bila Anda belum juga mendapatkan solusi atas masalah yang Anda hadapi atupun masih belum juga dapat merubah kelemahan yang Anda miliki.... Marilah, jangan sungkan dan malu, hubungi Kami segera, kiranya Tuhan berkenan meringankan beban dalam hati & pikiran Anda, sehingga segala masalah dapat segera diselesaikan dan pada Anda pun akan tercipta Karakter Baru yang Berkualitas Baik.

" KARENA DI DALAM TUHAN TIDAK ADA YANG MUSTAHIL "



Apa bedanya Kursus / Pelatihan Pengembangan Kepribadian dangan Konsultasi Kepribadian pada Website ini ?

Kursus / Pelatihan Pengembangan Kepribadian :

Lebih ditujukan bagi peserta yang belum mempunyai masalah yang berarti, tetapi ingin mengetahui lebih jauh mengenai Kepribadian yang benar secara umum dalam kehidupan sehari-hari.

Konsultasi Kepribadian : 

Lebih dutujukan bagi peserta yang mempunyai masalah, baik terhadap dirinya sendiri (kekurangan / kelemahan yang dimiliki) maupun terhadap orang lain, baik masalah yang baru timbul maupun yang sudah lama.

JANGAN PENDAM MASALAH ANDA, JANGAN TERLARUT KE DALAM MASALAH SEHINGGA MENJADI BABAN HATI DAN PIKIRAN YANG BERKEPANJANGAN, HADAPI MASALAH DENGAN TEGAR BERSAMA DENGAN SOLUSI YANG TEPAT DAN AKURAT.

Segera Konsultasikan Segala Masalah Kepribadian Anda Pada Konsultan Kepribadian di Mastykom